Kamis, 30 April 2009

PEKAN BATIK INTERNASIONAL

Dalam rangka membangkitkan kembali kejayaan batik Indonesia dan memeriahkan HUT Kota Pekalongan ke-103, Pekan Batik Internasional (PBI) akan diselenggarakan lagi dari 29 April sampai dengan 3 Mei 2009, bertempat di kawasan Museum Batik Indonesia, Jl. Jetayu, Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Tema PBI ke-2 kali ini adalah “Batikku, Batik Kita, Batik DuniaSatu Nusa Satu Bangsa Satu Batik, Indonesia. Pekan Batik Internasional (PBI) pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007 dan direncanakan akan menjadi acara rutin yang digelar setiap dua tahunan di Kota Pekalongan.


Menghadapi situasi dan kondisi dunia yang terkena dampak krisis keuangan global, kegiatan Pekan Batik Internasional 2009 ini diharapkan mampu mendorong dan membangkitkan kinerja industri dan kerajinan batik Indonesia serta membawa multiplier efek bagi perekonomian dengan bangkitnya sektor riil. Untuk itu serangkaian agenda telah disiapkan guna memeriahkan kegiatan yang ditargetkan akan dikunjungi 100.000 orang baik lokal maupun internasional ini, yaitu:
  • Batik Expo, yang akan menampilkan hasil penelitian batik, teknologi dan alat pembuatan batik, hasil karya batik nusantara dan negara sahabat, hasil produksi perusahaan IKM dan UKM mitra binaan BUMN/BUMD, Koperasi dan UMKM, mitra binaan Pemda Provinsi/Kabupaten/Kota di Indonesia, produk corporate dan perbankan untuk UKM serta mediasi kredit perbankan dan akses permodalan.
  • Pesta Kuliner / Street Party yang akan berusaha menampilkan masakan khas Pekalongan dan semua masakan yang ada di berbagai provinsi di Indonesia.
  • Forum Bisnis & Seminar / Dialog Batik, menampilkan dialog antara Pejabat Negara dari kementerian/departemen terkait dengan para pengusaha atau pelaku bisnis batik Indonesia dan mancanegara. Acara akan dipandu oleh pejabat/artis/desainer yang berpengalaman dalam forum bisnis internasional khususnya dalam bidang batik.
  • Pentas Seni & Budaya, menampilkan hiburan terbaik, pentas seni dan budaya Indonesia serta musik tradisional dan modern yang dimeriahkan artis-artis ibukota.
  • Parade Kendaraan Batik dan Fashion on the Road. Selain menampilkan kendaraan hias, marching band, juga pakaian-pakaian karya desainer, rumah mode milik pengusaha batik Pekalongan dan peserta Batik Expo dari berbagai daerah di Indonesia dan Negara sahabat.
  • Lomba Desain, Melukis dan Dekorasi Batik, akan melibatkan seluruh lapisan masyarakat, baik pekerja dan pengusaha batik, perkampungan-perkampungan batik serta konsumen dan produsen batik di Indonesia. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menunjukkan apresiasi terhadap karya batik dan mencari desain batik modern yang digemari konsumen.
  • Demo Membuat Canting Batik Tulis dan Cap. Kegiatan ini dimaksudkan untuk melestarikan keberadaan usaha pembuatan canting sebagai alat utama dalam proses membatik.

0 komentar:

Posting Komentar

Suara Merdeka CyberNews