Minggu, 02 Agustus 2009

Simulasi Penanggulangan Bom, Ternyata Meledak

Bom meledak saat simulasi penanggulangan anti teror yang digelar Polda Sulawesi Utara sebagai persiapan pengamanan Sail Bunaken, sebuah even internasional yang dilaksanakan di Kota Bitung dan Kota Manado, 12-20 Agustus mendatang di Dermaga Markas Polair dan Pelabuhan Samudera Bitung kemarin pagi 01/08. Akibat kejadian itu seorang anggota Brimob tewas dan empat polisi lainnya luka berat.

Sejumlah undangan hadir di lokasi latihan, tepatnya di Dermaga Pelabuhan Polair Tandurusa. Di antaranya Kapolda Sulut Brigjen Pol Bekto Suprapto, Gubernur Sulut Sarundajang, serta Wali Kota Bitung Hanny Sondakh.

Pukul 09.00 Wita latihan dimulai. Kegiatan diawali dengan skenario aksi menembak di speedboat. Speedboat itu lalu merapat ke sebuah kapal, seakan-akan itu kapal asing yang merapat ke pelabuhan dan diincar teroris. Oleh teroris, bom diletakkan di tempat sampah dekat pelabuhan tempat kapal asing itu merapat.

Speedboat itu berisi lima anggota brimob, menuju pelabuhan untuk mengambil bom di tempat sampah itu. Selanjutnya bom tersebut dijinakkan ke tengah laut. Akan tetapi BUUUM.... Bom itu meledak sebelum dibuang. Insiden itu menewaskan Brigadir James Tampolas. Sedangkan empat polisi lainnya yakni Ipda Frangky Turang, Brigadir Abdul Rahman Mas Hanafi, Bripka Anto Sidik, dan Bripda Erian Tamboto mengalami luka berat.

"Insiden ini murni karena kecelakaan latihan, technical error yang menjadi risiko dalam latihan," kata Kapolda Sulut Brigjen Pol Bekto Suprapto.

"Ledakan ini terjadi akibat kesalahan teknis pada mesin pengacau jaringan yang tidak berfungsi dengan baik," tambah mantan komandan Densus 88 Antiteror Mabes Polri ini.

Hingga tadi malam empat korban luka berat masih dirawat di RS Bhayangkari Manado.

Di bagian lain, suasana penuh haru mewarnai rumah duka Brigadir James Tampolas di kompleks Perumahan Griya Indah Blok B, Manado, kemarin sore. Albert Lesawengan 52th mertua James, tampak paling terpukul.
James meninggalkan seorang istri, Novlita Lesawengan 25th dan seorang anak laki-laki semata wayangnya, Jesi Tampolas, yang masih berusia 2.5th.

0 komentar:

Posting Komentar

Suara Merdeka CyberNews