Sabtu, 26 September 2009

Kunjungan Deops Mabes Polri di Brebes


Angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi elama arus mudik dan balik lebaran tahun ini diseluruh Indonesia masih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Namun dari jumlah korban meninggal dunia mengalami penurunan hingga 11 persen. Hal itu katakan oleh  Deputi Operasi Mabes Polri Irjen Pol SY Wenas dalam kesempatan kunjungan di wilayah Tegal dan perbatasan Brebes - Cirebon dengan menggunakan helikopter Polri, Jumat (25/9) kemarin.

Lebih lanjut dikatakan bahwa dalam pantauan udara yang dilakukan dari Semarang hingga Tegal di H+5 lebaran, arus balik kali ini mengalami sedikit penurunan volume arus kendaraan.
"Namun bila dibanding hari-hari biasa peningkatan jelas ada. Kepadatan arus justru terjadi di Kota Tegal dan Brebes sebagai jalur pembatas kearah ibukota".
Polri telah mengoptimalkan jajaran kebawah untuk menempatkan personilnya di jalur-jalur alternatif untuk membantu pemudik dan meminimalisir terjadinya kemacetan.
"Untuk pemudik dari ibukota yang melintasi di Jawa Tengah mencapai  1.100.000. Dan dari H+1hingga saat ini sudah tercatat sekitar 7.000 pemudik yang sudah meninggalkan Jawa Tengah. Tinggal sisa 4.000 pemudik yang dimungkinkan akan melintas di Jawa Tengah pada dua hari terakhir ini," ujar Deops.
Kapolres Brebes AKBP Drs Firli menyatakan dari catatan yang diperoleh personilnya dari pukul 16.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB pagi kemarin sudah tercatat sekitar 737.377 pemudik meninggalkan Jawa Tengah. Prediksi puncak arus mudik akan terjadi Sabtu dan Minggu mendatang menginggat jadwal libur sekolah telah usai.

Dalam kunjungan tersebut, Deops Mabes Polri setelah mendarat distadion Yos Sudarso Tegal rombongan melanjutkan perjalanan darat didampingi empat Kapolres/ta diwilayah Pantura untuk melihat dari dekat kepadatan arus di Brebes, serta melihat pengoperasian tol Pejagan - Kanci yang telah dioperasikan selama lebaran tahun ini.
"Secara garis besar arus dari Semarang hingga Tegal dari pantuan udara cukup normal. Kemacetan banyak didominasi ditengah kota dan jalur penghubung antar kota. Ini akan kita antisipasi dengan tetap menempatkan personil di jalur-jalur alternatif untuk memudahkan pemudik," terangnya.
Kemacetan di Brebes sendiri masih didominasi pasar tumpah. Dalam kesempatan tersebut Irjen Pol SY Wenas yang didampingi Kapolwil Pekalongan Kombes Pol Drs DBM Suharya, SH  berdialog dengan pemudik yang melintasi tol Pejagan-Kanci dan memberikan taliasih bagi pemudik serta menitipkan pesan tetap waspada selama perjalanan. 

0 komentar:

Posting Komentar

Suara Merdeka CyberNews