Selasa, 29 September 2009

Malang Sapu Bersih Kompetisi Layang-Layang Aduan


CyberNews. Tim peserta dari Malang menyapu bersih tropi kompetisi layang-layang aduan dalam Festival Layang-Layang Hias Nasional di Pekalongan, Senin 27/9. Sedangkan, tim daerah Bandung dan Jakarta mendapatkan juara kreasi
layang-layang hias.

Lucky, Udin dan Ketet, tim daerah Malang yang terjun pada kejuaraan layang-layang aduan, berhasil meraih juara pertama, kedua dan ketiga. Tak puas berada di posisi tiga besar utama, Udin kembali memperkokoh kemenangan dengan menjadi juara keempat.

Pada perlombaan yang dibagi pada lima pul di arena layang-layang hias Pantai Slamaran Pekalongan tersebut, peserta diperbolehkan mengikuti lebih dari satu pertandingan. Kendati demikian, pada nomor perlombaan layang-layang hias, Malang harus mengakui kehebatan layang-layang yang dibawa oleh tim Bandung dan Jakarta ke arena pertandingan. Layang-layang jenis ikan mas koi dari Bandung ditetapkan Museum Layang-Layang Indonesia sebagai pemenang pertama, disusul Delta (Jakarta), kemudian juara ketiga Topeng (Jakarta).

Pada juara harapan, pemenangnya masing-masing, layang-layang Rahwono (Yogyakarta), Semar Hijau (Jakarta) dan Penghuni Laut (Jakarta). Semua peraih juara mendapatkan uang pembinaan dengan total nilai puluhan juta, tropi wali kota serta piagam penghargaan.

Pada kompetisi tersebut, Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Dinas Perhubungan dan Pariwisata (Dishubpar) selaku panitia menunjuk Museum Batik Indonesia dan Perkumpulan Layang-Layang Aduan Kombed Jawa sebagai juri.

Menurut Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Drs Doyo Budi Wibowo MM, penilaian kompetisi tersebut dilakukan oleh tim-tim profesional penggemar hobi tersebut. Sehingga, semuanya dilakukan sesuai dengan aturan baku yang ada. "Museum Layang-Layang Indonesia juga menilai bagus keberadaan arena layang-layang di Kota Pekalongan dan bersedia menggelar kegiatan sesuai dengan kalender tahunan yang ada," jelas Doyo.

Pada hari terakhir festival tersebut kemarin, pengunjung juga disuguhi atraksi dari Museum Layang-Layang Indonesia yang meluncurkan boneka pinguin ke udara dan menebarkan permen dari layang-layang tersebut.

0 komentar:

Poskan Komentar

Suara Merdeka CyberNews