Senin, 14 September 2009

Pantau Trafik Mudik Bisa Lewat Video 3G

Jakarta – DetikNews - Pengguna seluler Telkomsel dapat memonitor trafik kepadatan lalu lintas di 15 titik strategis jalur mudik lewat layanan video surveillance yang diakses melalui ponsel 3G.

15 titik mudik itu ada di Bakaheuni, Merak, Ciawi, Cianjur, Sadang, Pasteur, Cileunyi, Nagrek, Cikopo, Kanci-Cirebon, Semarang, Porong, Waru-Surabaya, Ketapang, Gilimanuk dan jembatan Suramandu.

"Bagi pelanggan Telkomsel yang pakai ponsel 3G cukup menekan 9119 untuk memantau trafik mudik," ujar Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno di sela drive test Telkomsel, di Surabaya, Senin (14/9/2009).

Persiapan jaringan untuk menyambut musim mudik dan Lebaran selalu menjadi agenda utama tahunan Telkomsel. Untuk periode tahun ini, operator yang punya 78 juta pelanggan itu telah meningkatkan berbagai sisi elemen jaringannya dibanding 2008.

Untuk mengantisipasi kenaikan trafik, Telkomsel menyiapkan 29 ribu BTS dengan kemampuan handling kapasitas Visitor Location Register (VLR) ditingkatkan dari 70 juta menjadi 96 juta pelanggan dengan kapasitas perpindahan pelanggan mudik bervariasi antara 20%-25%.

Sementara untuk jasa SMS, kemampuan dari SMS center telah ditingkatkan menjadi mampu mengirim pesan 80 ribu SMS per detik. Di hari biasa, Telkomsel mengirimkan 360 juta SMS per hari.

"Kami juga mengimplementasikan teknologi Enhanced Full Rate (EFR) yang bisa meningkatkan kapasitas handling trafik komunikasi menjadi dua kali lipat," katanya.

Sementara untuk telekomunikasi di jalur laut, Telkomsel juga telah melengkapi 12 kapal PELNI dengan infrastruktur BTS Pico via satelit VSAT IP.

Berkaitan dengan jasa data 3G dan BlackBerry, Sarwoto mengungkapkan, telah ditingkatkan juga kapasitas bandwitdh yang disediakan. BlackBerry kapasitasnya dinaikkan menjadi 80 mbps dari tahun lalu hanya 10 mbps. Sedangkan 3G didukung 4 ribu node B dengan bandwitdh 6 Gbps.

0 komentar:

Posting Komentar

Suara Merdeka CyberNews