Selasa, 06 Oktober 2009

Microsoft Luncurkan Software Anti Virus Gratis


San Francisco, Perusahaan Sofware Microsoft meluncurkan software antivirus gratis yang dapat digunakan masyarakat untuk melindungi komputer dari virus, spyware, dan malware.

Microsoft Security Essentials dapat diunduh di sini (microsoft.com). Software ini dibangun dengan teknologi yang digunakan oleh perusahaan software raksasa dunia itu untuk program keamanan komputer yang didisain untuk bisnis.

"Dengan Microsoft Security Essentials, konsumen dapat memperoleh perlindungan yang berkualitas tinggi yang mudah didapatkan dan mudah digunakan," kata Amy Barzdukas, manajer umum untuk keamanan komputer Microsoft.

"Konsumen mengatakan kepada kami bahwa mereka ingin perlindungan berupa software keamanan seketika, namun kami tahu bahwa salah satunya kendalanya adalah produk itu tidak tersedia atau tidak mampu untuk membeli, sehingga mereka menyerah untuk memberi perlindungan."

Microsoft berharap software gratis ini akan dapat diunduh secara luas, terutama oleh mereka yang ingin melindungi komputernya dari serangan virus maupun hacker. Karena lebih dari 90 persen komputer di seluruh dunia menggunakan sistem operasi Windows yang diproduksi oleh perusahaan Microsoft di AS.

"Microsoft membantu mengurangi beberapa hambatan yang memaksa konsumen untuk menjalankan (software anti virus)," kata analis keamanan IDC, Jon Crotty.

"Microsoft fokus pada tantangan untuk mencegah konsumen dari keharusan memperbarui software anti virus setiap hari, terutama di pasar yang baru tumbuh dimana lazimnya tumbuh praktek yang menyalahi buatan pabrik."

Security Essentials didisain untuk bekerja sebagai background, tergantung pada software untuk melawan infeksi yang ditimbulkan oleh berbagai malware di komputer.

Dalam keadaan default software ini secara otomatis melakukan pembaruan tergantung jenis virusnya.

Perusahaan khusus keamanan komputer, Symantec, mengatakan bahwa software ini terlalu kecil dan tidak cocok untuk varian baru dari serangan virus. Dalam hal ini Symantec mengacu pada Security Essentials sebagai versi turunan dari produk microsoft OneCare yang memperoleh rating rendah.

"Dari perspektif keamanan, alat yang disediakan Microsoft ini menurunkan pertahanan pada satu titik kritis dalam memerangi `cyber crime`," kata Symantec mengenai tyawaran gratis yang menjadi pesaing produk Nortion yang dijual oleh perusahaan itu.

0 komentar:

Posting Komentar

Suara Merdeka CyberNews